Sabtu, 27 April 2013

Buku Belajar Membaca dan Menulis Not Balok Untuk TK

Sudah hampir kurang lebih 7 tahun saya mengajar di TK. Selama mengajar sekali pengalaman yang saya dapat. Dari menyiapkan tujuan pembelajaran, materi, metode dan strategi. Jenis pembelajaran yang saya berikan lebih banyak keterampilan memainkan alat musik angklung daripada teori musik. Tetapi selama 1 semester saya sudah menyiapkan bahan ajar yang beragam. Ada yang berupa materi lagu-lagu, video, dan sampai menulis notasi musik serta praktek memainkan alat musik. Untuk kategori TK Kecil saya lebih mengenalkan macam-macam jenis alat musik secara umum dan nada-nada pada tangga nada C Mayor. (tetapi hanya 5 nada, yakni do-re-mi-fa-sol). Ini saya lakukan agar anak TK kecil tidak terlalu banyak porsi nadanya. Sedangkan untuk yang TK Besar sudah masuk terhadap tangga nada C Mayor secara 8 nada (1 oktaf). Oleh sebab itu, saya memberanikan menggabungkan semua materi yang saya kumpul-kumpulkam untuk menjadi 1 buah buku yang kiranya akan bermanfaat sekali untuk menjadi acuan setiap guru untuk mengajarkan dan mengajak mereka untuk saling pengertian. Akhirnya saya mengeluarkan duluan "Buku Membaca dan Menulis Notasi balok intuk TK Jilid 1

Tidak ada komentar: